Minggu, 24 Juni 2012

PERKEMBANGAN REMAJA


Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang berada dalam masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa peralihan seperti ini biasanya terjadi gejolak-gejolak, serta masalah-masalah dalam upayanya menemukan jati diri. Aktualisasi diri merupakan bentuk kebutuhan dari upaya remaja dalam menemukan jati diri mereka. Remaja membutuhkan pengakuan akan kemampuannya yang menurut  Abraham H. Maslow kebutuhan ini disebut kebutuhan penghargaan.

·        KEBUTUHAN REMAJA
Kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder (buku PPD hal 57). Namun untuk masa remaja kebutuhan diklasifikasikan menjadi beberapa jenis kebutuhan yaitu :
a)      Kebutuhan organik, misalnya makan, minum dan bernafas.
b)      Kebutuhan emosional, yaitu kebutuhan untuk mendapatkan simpati dan pengakuan dari pihak lain.
c)  Kebutuhan prestasi atau need of achievement yang biasa dikenal dengan n’Ach, yang berkembang karena didorong untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta mengembangkan psikofisis.
d)     Kebutuhan untuk mempertahankan diri dan mengembangjan jenis.


·         TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
Menurut HAVIGHURST (1961), tugas perkembangan itu merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, jika tugas itu dapat tertuntaskan maka akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya, sementara jika gagal, maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangakutan, menimbulkan penolakan masyarakat, dan kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya. Sedangkan munculnya tugas-tugas`perkembangan bersumber pada faktor-faktor berikut:
a)      Kematangan fisik, misalnya belejar bertingkah laku.
b)      Tuntutan masyarakat secara cultural, misalnya belajar membaca, menghitung, menulis dan berorganisasi.
c)      Tuntutan dari dorongan dan cita-cita pribadi, misalnya memilih pekerjaan dan memilih teman hidup.
d)     Tuntutan norma agama, misalnya taat terhadap perintah agama.
Sedangkan tugas perkembangan remaja adalah:
a)      Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya.
Tujuan dari tugas ini adalah belajar berkembang menjadi orang dewasa diantara orang dewasa lainnya, belajar bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
Keberhasilan remaja dalam menyelesaikan tugas perkembangan ini akan mengantarkannya kedalam kondisi penyesuaian sosial yang baik dalam keseluruhan hidupnya. Namun jika gagal, maka dia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya karena sulit bergaul dengan orang lain.
b)      Mencapai peran sosial sebagai pria dan wanita.
Hakikat dari tugas tersebut adalah remaja dapat menerima dan belajar peran sosial sebagai pria dan sebagai wanita. Misalnya, melakukan tugas-tugas yang dilakukan oleh pria dewasa, seperti bekerja mencari nafkah untuk keluarga.
c)      Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif.
Tugas ini bertujuan agar remaja merasa bangga atau bersikap toleran terhadap fisiknya, menggunakan dan memelihara fisiknya secara efektif dan merasa puas dengan fisiknya tersebut.
d)     Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
Hakikat dari tugas ini adalah membebaskan diri dari sikap dan perilaku yang bergantung pada orang tua, mengembangkan sikap respek terhada orang dewasa lainnya tanpa bergantung kepadanya.
e)      Mencapai jaminan kemandiriran ekonomi.
Tujuan dari tugas perkembangan ini adalah agar remaja merasa mampu menciptakan suatu kehidupan (mata pencaharian). Tugas ini sangat penting dan mendasar bagi remaja pria.
f)       Memilih dan mempersiapkan karir (pekerjaan).
Tujuan tugas ini adalah memilih suatu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya serta mempersiapkan diri dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memasuki / terjun dalam pekerjaan tersebut.
g)      Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.
Tujuan dari tugas ini adalah mengembangkan sikap positif terhadap pernikahan, hidup berkeluarga dan memiliki anak serta memperoleh pengetahuan yang tepat tantang pengelolaan keluarga dan pemeliharaan anak.
h)      Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
Tuags perkembangan bertujuan untuk mengembangkan konsep-konsep hokum, pemerintahan, ekonomi, politik, dan lembaga-lembaga sosial yang cocok dengan dunia modern, serta melatih dan mengembangkan keterampilan berbicara dan berpikir yang penting bagi upaya memecahkan masalah-masalah secara efektif.
i)        Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial.
Tujuan tugas ini adalah berpartisipasi sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab sebagai masyarakat dan memperhitungkan nilai-nilai sosial dalam tingkah laku dirinya.
j)        Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai petunjuk dalam bertingkah laku.
Tujuan dari tugas ini adalah membentuk seperangkat nilai yang mungkin dapat direalisasikan, mengembangkan kesadaran untuk merealisasikan nilai-nilai tersebut, memahami gambaran hidup dan nilai-nilai yang dimilikinya sehingga dapat hidup secara selaras dengan orang lain.
k)      Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
Tugas ini bertujuan agar remaja dapat mencapai kematangan sikap, kebiasaan dan pengembangan wawasan dalam mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, baik pribadi maupun sosial.

·         MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA
Masalah-masalah yang dihadapi remaja sehubungan dengan kebutuhan-kebutuhan dapat diuraikan sebagai berikut:
a)      Usaha untuk mengubah sikap yang kekanak-kanakan menjadi sikap yang dewasa tidak semuanya dapat dengan mudah dicapai oleh para remaja.
Pada masa ini remaja menghadapi tugas dalam perubahan sikap yang besar, sedang dilain pihak harapan besar  diberikan pada remaja itu untuk dapat meletakkan dasar bagi pembentukan sikap. Kegagalan dalam mengatasi ketidakpuasan ini dapat mengakibatkan seorang remaja bersikap keras dan agresif atau malah sebaliknya remaja tersebut bersikap pendiam dan tidak percaya diri.
b)      Sering kali para remaja mengalami kesulitan untuk menerima perubahan-perubahan pada fisiknya. Hal ini disebabkan adanya sesuatu yang mereka anggap kurang cocok pada diri mereka, karena mereka sulit mendapatkan pakaian yang pantas dengan postur tubuh dan fisik mereka.
c)      Perkembangan  fungsi seks pada masa ini dapat menimbulkan kebingungan  remaja untuk memahaminya, sehingga sering kali terjadi salah tingkah karena kekurang pahaman mereka tentang masalah ini.
d)     Dalam memasuki kehidupan bermasyarakat, remaja terlalu berpikiran bahwa mereka bisa melakukan apa saja sendiri. Akan tetapi kehidupan bermasyarakat menuntut remaja untuk banyak menyesuaikan diri, namun yang terjadi tidak semua selaras. Dan ketidak selarasan biasanya menimbulkan kejengkelan.
e)      Berbagai norma yang berlaku dalam masyarakat merupakan masalah tersendiri bagi remaja yang merasa punya norma sendiri yang sesuai dengan mereka.

·         ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
Peran dari orang-orang dewasa yang ada disekitar remaja tersebut (misalnya orang tua atau keluarga mereka) sangatlah besar. Bimbingan dari merekalah yang sangat dibutuhkan para remaja untuk membentuk sikap dewasa.
Selain itu peran dari kehidupan beragama juga sangat besar, supaya perkembangan remaja tidak salah jalan, maka kadar keimanan dan ketakwaan remaja haruslah dijaga.

Tidak ada komentar: